You here : Home » GCG
Good Corporate Governance PDF Print E-mail
 Total View: 1064

Tuntutan dinamika bisnis serta iklim usaha yang sangat kompetitif mengharuskan semua Perseroan secara terus menerus meningkatkan kinerjanya. Di sisi lain, tuntutan pemegang saham, mitra bisnis, masyarakat dan stakeholder lainnya terhadap pengelolaan Perseroan yang baik menjadi prasyarat yang tidak dapat dihindarkan oleh Direksi dalam mengelola Perseroan. Oleh karena itu, pengelolaan Perseroan berdasarkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) sudah menjadi keharusan bagi pelaku bisnis demi mempertahankan eksistensinya.

Sebagai pedoman yang bersifat dinamis, GCG Manual ini selalu dikaji secara  berkala  dan  berkelanjutan  sesuai  dengan  kondisi  dan  regulasi terkini. GCG Manual ini diharapkan dapat menjadi dokumen yang terus hidup (living document) sehingga perlu untuk selalu disesuaikan dengan perkembangan keadaan. Penyempurnaan GCG Manual meliputi cakupan, sistematika dan dimasukkannya pedoman praktis penerapan GCG. GCG Manual dibuat untuk penciptaan situasi kondusif bagi penerapan  GCG  yang  meliputi  peran  sebagai  Perseroan,  dunia usaha, dan masyarakat.

Pengembangan Good Corporate Governance, di lingkungan BUMN dicanangkan oleh   Kementerian   BUMN   dengan   menerbitkan   Surat Keputusan   Menteri Negara/Kepala   Badan   Penanaman   Modal   dan Pembinaan Badan Usaha Milik Negara No. 23/M-PM.PBUMN/2000, tanggal 31 Mei 2000 tentang Pengembangan Praktek Good Corporate Governance dalam Perusahaan Perseroan, kemudian digantikan dengan Keputusan Menteri BUMN No. 117 tahun 2002 tentang Penerapan Praktek Good Corporate Governance pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Sehubungan dengan adanya pembaharuan hukum di  bidang  Perseroan Terbatas   dan   Badan   Usaha   Milik   Negara,   serta   memperhatikan perkembangan dunia usaha yang semakin dinamis dan kompetitif, maka Kementerian BUMN mengeluarkan peraturan baru dari penyempurnaan diatas yaitu: Peraturan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara dengan nomor: PER-01/MBU/2011 tentang Penerapan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (Good Corporate Governance ) pada Perusahaan Milik Negara, bagian kedua, Pasal 2 berbunyi:

  1. BUMN wajib menerapkan Good Corporate Governance (GCG) secara konsisten dan berkelanjutan dengan berpedoman pada peraturan Menteri ini dengan tetap memperhatikan ketentuan, dan norma yang berlaku serta anggaran dasar BUMN.
  2. Dalam rangka penerapan GCG sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Direksi menyusun GCG manual yang diantaranya dapat memuat board manual, manajemen risiko manual, sistem pengendalian intern, sistem pengawasan intern, mekanisme pelaporan atas dugaan penyimpangan pada BUMN yang bersangkutan, tata kelola teknologi informasi, dan pedoman perilaku etika (code of conduct).
Code Of Conduct Pedoman Pengelolaan dan Pengendalian Gratifikasi Pedoman Etika Perilaku PTKW Manual GCG PTKW 2017 Pedoman Gratifikasi Pedoman Risk Management
 
Copyright © 2018 Krakatau Wajatama